Komputer

Gampang! Cara Menambahkan IDM Ke Google Chrome

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Internet Downloader Manager atau yang lebih sering dikenal dengan singkatan IDM adalah sebuah perangkat lunak populer yang paling sering digunakan untuk kebutuhan pengunduhan suatu dokumen atau file. Software ini dikembangkan di Amerika. Program ini sering dipakai sebagai alat untuk mengunduh dokumen, file, data, dan sebagainya dari internet. Tapi ada kekurangannya nih , yaitu ekstion idm kadang kadang hilang dari chrome, makanya kami membuat Cara Menambahkan IDM Ke Google Chrome

Kebutuhan orang-orang dalam berselancar di internet memang tak terlepas dari yang namanya aktivitas downloading berbagai data seperti aplikasi hingga video, maka penggunaan software ini menjadi lebih sering dilakukan dan cukup tinggi intensitasnya.

Dan memang IDM ini disediakan bagi Anda yang memiliki kebutuhan untuk melakukan berbagai pengunduhan data. Sebagai software yang populer di kelasnya, IDM memiliki fitur dan cara kerja yang berbeda dari downloader bawaan browser.

Fitur yang paling menarik adalah proses pengunduhan yang cepat, keamanan data yang terjamin, segementasi data yang diunduh, hingga teknologi untuk meneruskan kembali berkas yang belum selesai diunduh (resume). Keunggulan lain yang pengguna dapatkan adalah integrasi IDM ke browser favorit pengguna, misalnya Google Chrome dan Mozilla Firefox.

Namun ada banyak sekali pengguna mengeluhkan bahwa IDM tidak muncul di Chrome mereka maka hal ini memungkinkan pengguna untuk mengaktifkannya secara manual. Untuk itu, berikut ini beberapa langkah cara menambahkan IDM ke Chrome yang perlu diketahui.

Cara Menambahkan IDM Ke Google Chrome

Langkah Pertama: Pastikan PC atau laptop kamu sudah ter-install IDM sebelumnya.

Langkah Kedua: Cek terlebih dahulu apakah Internet Download Manager dan Google Chrome sudah terhubung atau tidak. Langkah awal ini bisa kamu lakukan dengan membuka browser Chrome lalu masuk ke Settings > Extensions di menu kiri Chrome dan perhatikan di bagian ekstensi Chrome apakah ada ekstensi IDM atau tidak. Jika belum maka silahkan lanjutnya ke langkah ketiga.

Langkah Ketiga: Buka folder lokasi tempat install IDM di laptop kamu. Folder ini biasanya terletak di C:\Program Files\Internet Download Manager atau C:\Program Files (x86)\Internet Download Manager. Kemudian cari file bernama IDMGCExt.crt yang tidak lain adalah file ekstensi IDM khusus untuk Google Chrome.

Langkah Keempat: Buka kembali setelan Extensions di Google Chrome lalu drag and drop file IDMGCExt.crt ke halaman ekstensi Chrome yang sudah kamu buka tadi untuk memasang atau menambah ekstensi Internet Download Manager ke Google Chrome kamu.
Catatan: Jika ada peringatan ketika penambahan ekstensi pilih saja Continue.

Langkah Kelima: Cek apakah IDM sudah berfungsi dan berjalan dengan baik di Google Chrome dengan cara buka Youtube.com lalu pilih salah satu video yang ingin kamu download dan lihat apakah tombol download IDM sudah muncul di Google Chrome.

Manfaat Yang Kamu Dapatkan dari IDM

Adapun berbagai manfaat yang bisa dirasakan setelah berhasil melakukan semua cara menambahkan IDM ke Chrome, yaitu ia bisa dengan mudah cocok terhubung dengan browser yang kita gunakan.

IDM juga memungkinkan kamu untuk melakukan proses pengunduhan atau download dengan kecepatan yang super cepat karena menggunakan threads yang berjumlah maksimal 32 threads. Jika pengguna khawatir akan kemungkinan adanya virus yang dibawa dari data yang diunduh, maka tidak perlu khawatir karena IDM secara otomatis akan melakukan pengecekan terlebih dahulu.

Aplikasi ini juga telah mendukung penggunaan proxy dan mendukung banyak Bahasa termasuk Bahasa Indonesia. Kemampuan IDM untuk melakukan pengelompokan data yang berhasil diunduh dalam folder khusus Download IDM di laptop kamu pun merupakan kelebihan yang dimiliki oleh downloader ini, sehingga kamu tidak perlu mengaturnya secara manual.

Itulah beberapa langkah mudah untuk cara menambahkan IDM ke Google Chrome yang sederhana dan mudah dipahami oleh pemula. Namun, ingat ya guys, jangan pakai software bajakan ya!

Write A Comment