Mempercepat laptop lemot
Mempercepat laptop lemot

Sebagai pengguna laptop pasti sangat ingin komputer yang digunakan itu berkerja dengan baik secara performa/ kecepatan. Namun jika sebaliknya, Laptop Lemot yang kita gunakan malah lemot, dan susah untuk mengakses aplikasi. Pastilah rasa kesal muncul dalam diri ini, seolah ingin menghancurkan komputer yang ada di hadapan kita.

Hal seperti itu, sudah sering kali kita temui, baik dilingkungan lab sekolah, warung Internet, maupun rumahan. Namun kita dapat mengatasi masalah tersebut dengan cara melakukan beberapa cara berikut ini:

1. Penggunaan OPERASI SISTEM.

Penggunaan operasi sistem ternyata sangat berpengaruh terhadap kecepatan dari sebuah sistem komputer, seperti yang saya alami. Ketika saya baru membeli sebuah laptop yang menggunakan windows 8, itu performanya sangat lelet sekali.

Padahal saya tidak menginstall banyak aplikasi, namun tetap saja lelet. Dan ternyata setelah saya telusuri, emang ada masalah dari windows 8 tersebut, banyak yang mengatakan bahwa wndows 8 itu belum sempurna, maka dari itu performa laptop terpengaruhi.

Lantas bagaimana cara mengatasi ini?

Nah cara yang saya lakukan untuk mengatasi masalah ini adalah dengan melakkan install ulang windwos, ke windows 10. Dan setelah itu selesai, laptop saya malah lebih baik performanya, lumayan lah buat buat tugas gak macet-macetan lagi.

2.Jumlah software.

Nah kebanyakan install aplikasi juga membuat performa komputer kita jadi lelet, sebab semakin banyak aplikais yang terinstall. Maka semakin berkurang jumlah penyimpanan yang tersedia, akibatnya performa komputer menjadi lambat.

Apalagi jika komputer yang kita miliki memiliki spesifikasi “kentang” atau dibawah rata-rata, misalnya Cuma memiliki RAM 1GB, itu sangat kecil sekali. Maka dari itu untuk meminimalisir komputer kita lemot, maka usahakan jangan install aplikasi berlebihan, apalagi maksain untuk bermain game online di komputer yang spesifikasi kecil.

Baca juga: Pengertian Freeware.

3.Jangan paksa komputer berkerja.

Saya sendiri mengalami hal ini, ketika di sekolah, tugas begitu banyak yang harus diselesaikan menggunakan komputer (office). Dan ketika itu juga batre dari laptop saya itu hampir habis, dan saya harus mencharge nya. Ketika laptop di carge sambil digunakan itu sudah otomatis neglag, apalagi ditambah lagi dengan mencolokkan flasdisk ke Laptop tersebut, pasti otomatis ngelag parah.

Hal ini saya alami sendiri, maka dari itu untk mengatasinya usahaakn jangan paksa komputer kita untuk berkerja. Misalnya waktunya ngecarge yang carge saja, jangan dibuat mainan. Apalagi main game sambil ngecarge itu bakalan membuat performa komputer kita lemot, dan komponen-komponen CPU lebih cepat rusak.

4. Menambahkan kapasitas memory.

Cara terakhir yang dapat kita lakukan untuk meningkatkan performa komputer adalah, dengan cara menambah kapasitas RAM nya. Sehingga akan membuat komputer lebih cepat dalam berkerja dan ketika mengakses aplikasi akan menjadi lebih cepat lagi Sehingga Laptop Kita Tidak Lemot

Nah demikianlah sedikit tips dari saya mengenai cara mengatasi komputer lemot.

Info: Ingin belajar membuat blog? Yuk kita sama-sama  pelajari cara membuat blog gratis

5/5 (2)

Berikan Rating Untuk Artikel

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini