Pemrograman

Apasih Framework ? ternyata ini dia Pengertian Framework

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Secara sederhana, framework disebut sebagai kerangka kerja. Para designer menggunakan platform untuk memudahkan mereka dalam membuat dan mengembangkan aplikasi atau software program. Pada structure itu sendiri berisi kumpulan fungsi-fungsi dasar atau perintah yang biasa digunakan dalam mengembangkan suatu software, dengan harapan agar software application yang dibangun menjadi lebih cepat dan terstruktur.

Selain itu, ada juga yang mengatakan bahwa framework adalah komponen-komponen yang sudah siap dipakai oleh developer untuk menangani berbagai permasalahan dalam pemrograman, seperti pemanggilan variabel, documents, koneksi ke data bank dan sebagainya. Dengan begitu, creator akan lebih fokus dan mampu menyelesaikan software application menjadi lebih cepat dan efektif.

Fungsi Framework

  • Mempercepat proses pembuatan aplikasi baik itu aplikasi berbasis desktop computer, mobile phone ataupun internet.
  • Aplikasi yang dihasilkan menjadi lebih stabil dan handal, hal ini dikarenakan Framework sudah melalui proses uji baik itu stabilitas dan juga kehandalannya.
  • Memudahkan para creator dalam membaca code program dan lebih mudah dalam mencari insects.
  • Memiliki tingkat keamanan yang lebih, hal ini dikarenakan Framework telah mengantisipasi cela – cela keamanan yang mungkin timbul.
  • Mempermudah creator dalam mendokumentasikan aplikasi – aplikasi yang sedang dibangun.

Jenis-Jenis Framework

Computer framework merupakan framework yang digunakan untuk membangun aplikasi berbasis desktop, sedangkan web platform merupakan structure yang digunakan untuk membangun aplikasi berbasis internet. Berikut ini akan dijelaskan mengenai contoh-contoh dari kedua jenis structure.

1. Desktop Framework.

Dibawah ini merupakan beberapa framework yang termasuk kedalam kategori desktop computer platform.

A. Electron

Electron merupakan suatu structure JavaScript yang digunakan untuk mengembangkan aplikasi berbasis pc. Beberapa aplikasi desktop computer populer yang dibangun oleh Electron seperti Atom, Slack, WordPress, Skype dan Github personal computer.

B. Proton Native

Proton Native merupakan framework JavaScript yang dikembangkan oleh Gustav Hansen untuk merancang aplikasi berbasis desktop computer. Proton Native memiliki fitur indigenous tools yang mempunyai ukuran yang kecil dan penggunaan sumber kekuatan yang lebih sedikit.

2. Web Framework

Saat ini, terdapat beberapa daftar internet platform yang sengaja dirancang untuk mendukung pengembangan aplikasi berbasis web yang akan dijelaskan berikut ini.

A. Django

Django merupakan suatu platform yang berbasis Python dengan menggunakan pola MTV, yaitu Model, Template dan View. Django menawarkan berbagai fitur untuk mengembangkan aplikasi web yang berkualitas, terutama bagian keamanan yang digunakan untuk mencegah terjadinya eksekusi course dilapisan Template. Web platform ini sudah banyak digunakan oleh perusahaan besar seperti Disqus, Pinterest, Instagram dan Quora.

B. Angular JS

Slanted JS merupakan structure JavaScript yang sengaja dirilis oleh Google dalam mengembangkan aplikasi internet. Internet platform ini sudah banyak digunakan oleh perusahaan besar seperti Youtube on PS3, Weather dan Netflix.

C. Laravel

Laravel merupakan Stuktur PHP MVC yang Diciptakan oleh Taylor Otwell pada Tahun 2011 dengan menggunakan PHP. Platform ini adalah pengembangan web site berbasis MVP yang dirancang untuk meningkatkan kualitas perangkat lunak, yaitu dengan mengurangi biaya pengembangan awal dan biaya pemeliharaan, meningkatkan pengalaman bekerja dengan aplikasi yang menyediakan sintaks ekspresif, jelas dan menghemat waktu. Stuktur framework ini sudah banyak digunakan oleh perusahaan – Perusahaan Besar seperti Deltanet Travel dan Neighbourhood Lender.

D. Rails

Rails adalah web structure Model-View-Controller yang ditulis oleh David Heinemeier Hansson. Selain itu, Rails mencakup semua yang diperlukan untuk membuat aplikasi internet berbasis database menggunakan Ruby. Internet structure ini sudah banyak digunakan oleh perusahaan seperti AirBnB, GitHub, UrbanDictionary, GroupOn dan Shopify.

E. Spring

Springtime adalah internet structure Model-View-Controller yang dikembangkan oleh Pivotal Software. Structure ini dirancang untuk menciptakan aplikasi internet berbasis JVM yang sederhana, portabel, cepat dan fleksibel. Internet platform ini sudah banyak digunakan oleh perusahaan seperti Mascus dan Allocine.

F. CodeIgniter

CodeIgniter merupakan framework yang memiliki konsep MVC (Model, View, Controller) untuk membangun sebuah web site yang dinamis menggunakan PHP. Dengan menggunakan codeIgniter, designer akan semakin cepat dalam membangun aplikasi web, walaupun memulainya dari awal. Web framework ini sudah banyak digunakan oleh perusahaan seperti Bufferapp dan The Mail and also Guardian.

NOTE :

Pada framework itu sendiri berisi kumpulan fungsi-fungsi dasar atau perintah yang biasa digunakan dalam mengembangkan suatu software program, dengan harapan agar program yang dibangun menjadi lebih cepat dan terstruktur.

Framework merupakan structure yang digunakan untuk membangun aplikasi berbasis desktop, sedangkan internet platform merupakan framework yang digunakan untuk membangun aplikasi berbasis web.

CodeIgniter merupakan structure yang memiliki konsep MVC (Model, View, Controller) untuk membangun sebuah web site yang dinamis menggunakan PHP.

Demikianlah artikel mengenai platform yang telah dijelaskan diatas, semoga artikel tersebut memberikan manfaat dan menambah wawasan Anda.

Write A Comment