Cara Mudah Mengecek Bootloader di xioami

by Haris Viclates
0 comment

Untuk anda yang sering oprek Sistem Smartphone tentu tidak asing dengan yang namanya bootloader, karena bootloader ini sering menjadi acuan apakah hp bisa di root atau tidak.

Bootloder adalah sebuah system atau sebuah kode yang harus dieksekusi sebelum Sistem Operasi (OS) mulai berjalan, berfungsi adalah untuk memuat Operating System (sistem operasi android) ketika hp dalam proses booting,

Selain itu bootloader juga mampu memberikan aksesibilitas untuk memodifikasi sistem, memverifikasi integritas Operating System juga menyediakan media untuk mengupdate perangkat

Saat ini hampir semua merk hp memiliki standing bootloader terkunci (hair bootloader) dan tidak terkunci (unlock bootloader/ ubl), tapi umumnya hp android keluaran terbaru standing bootloadernya dalam keadaan terkunci.

Alasan pabrikan hp mengunci bootloader sebenarnya untuk memberikan tingkat keamanan kepada pengguna sehingga hp android miliknya tidak rentan terhadap ancaman perangkat lunak berbahaya sehingga kondisi sistem tetap baik dan tetap terjaga.

Sistem pada hp android baru bisa di modifikasi apabila standing bootloadernya dalam keadaan terbuka atau dengan kata lain istilahnya adalah unlock shoes loading machine (UBL), jika status bootloadernya masih terkunci (hair bootloader), maka sistem tidak akan bisa dimodifikasi.

Cara Mudah mengetahui status unloack bootloader (UBL) hp xiaomi tanpa COMPUTER

Untuk mengetahui standing bootloader hp xiaomi apakah dalam keadaan masih terkunci atau dalam keadaan terbuka sebenarnya sangatlah mudah, bisa menggunakan Personal Computer atau tanpa menggunakan Personal Computer.

Namun Untuk xiaomi dengan versi MIUI 8 atau 9, standing bootloader dapat diketahui secara langsung tanpa menggunakan PC.

Langkah-langkah untuk mengecek condition bootloader di hp xiaomi adalah sebagai berikut:

  1. Aktifkan Menu Pengembang
    Untuk melihat standing bootloader di hp xiaomi kita bisa melihatnya di menu developer option, tapi sayangnya Menu designer choice secara bawaan memang dalam keadaan tersembunyi.

Oleh karena itu kita harus mengaktifkannya terlebih dahulu agar food selection creator option atau opsi pengembang muncul.

Cara untuk mengaktifkan menu programmer di hp xiaomi sebenarnya sangat mudah langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Masuk Ke Setelan
  2. klik versi miui 7x
  3. setelah mendapat notifikasi , masuk ke setelan tambahan
  4. klik mode pengembang
  5. unlockbodloader
  1. Buka Mode Pengembangan
    Jika Mode Pengembangan option sudah diaktifkan, maka untuk melihatnya silahkan masuk ke menu environments/ setelan > added environments …/ setelan tambahan … pada halaman setelan tambahan anda akan melihat food selection baru dengan nama developer Options/ Opsi pengembang
  2. Cek condition Bootloader
    Untuk mengecek condition bootloader hp xiaomi silahkan anda buka menu developer choice (settings > extra environments … > Developer alternatives).

Pada halaman deeloper options silahkan cari dan klik pada opsi MI Bootloader standing,.

Jika anda melihat tampilan seperti gambar di bawah ini itu artinya standing bootloader hp xiaomi anda masih secured atau terkunci.
status padlock bootloader di hp xiaomi.
Namun jika melihat gambar di bawah ini itu artinya condition bootloader hp xiaomi anda sudah unlock (ubl).

Jika standing ootloader hp xiaomi anda sudah unlock bootloader (ubl), itu artinya anda bisa memodifikasi sistem xiaomi smart device anda, seperti mengganti rom, twrf dan modifikasi sistem lainnya.

Leave a Comment